Di zaman sekarang ini  kata komputer sering terdengar di telinga kita, hampir semua aspek dalam kehidupan saat ini sangat berpengaruh terhadap kinerja dari alat canggih yang disebut komputer ini.

Sekarang kita akan membahas apa itu komputer ?

Menurut Bahasa
Komputer berasar dari bahasa latin yaitu Computare yang artinya menghitung.

Menurut Istilah
Komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang memiliki fungsi tertentu untuk melakukan tugas yaitu Input (masukan), Proses , Output (keluaran). untuk melakukan fungsi ini maka komputer melakukan proses perhitungan matematika yang tepat

Kesimpulan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : Komputer adalah alat elektronik yang bekerja secara sistematis dan cermat untuk mengelolah berbagai macam data. seperti angka, suara dan gambar.


Komponen/ bagian komputer yang sangat penting yaitu :

1. Hardware (Perangkat keras).
2. Software (Perangkat Lunak).
3. Brainware (Pengguna).

Sekarang kita akan jelaskan :

Hardware atau perangkat keras adalah bagian atau komponen yang terdapat dalam komputer yang terlihat dan dapat disentuh secara fisik, hardware dapat kategorikan menjadi 3 bagian yaitu :

  1. Perangkat keras penginputan yaitu sebuah perangkat keras yang digunakan untuk         melakukan input data seperti : keyboard , scanner , mouse , microphone , joystick.
  2. Perangkat keras pemrosesan , yaitu suatu perangkat keras yang digunakan untuk melakukan proses data perhitungan matematika seperti : CPU , RAM , dan VGA CARD.
  3. Perangkat keras output , yaitu perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang telah dikelola didalam komputer, seperti : Monitor, Printer, speaker, proyektor.


Software atau perangkat lunak adalah kumpulan data yang ditanamkan didalam Hardware untuk menjalankan suatu perintah tertentu yang dibuat dengan bahasa pemrograman tertentu dari tingkat bawah sampai tingkat atas. Software ini berfungsi sebagai jambatan yang menghubungkan Hardware dan Brainware. contoh dari software :
  1. System operasi ( Windows, Mac , dan Linux/Android ).
  2. Software aplikasi ( Microsoft office , adobe product  dan lain-lain).


Brainware atau pengguna adalah manusia yang menggunakan/mengoperasikan komputer tersebut sesuai dengan kebutuhan dan pekerjaan seperti : Programmer , Designer atau operator biasa.