Sudah tidak asing lagi kata CPU ini, disemua lini gadget baik Handphone maupun Laptop informasi CPU ini sangat penting diperhatikan.

Prosesor atau CPU ( Central Processing Unit) adalah bagian yang paling terpenting dalam komputer yang menjalankan perintah perhitungan matematika yang tepat dan cepat.
sekarang kita akan membahas pengertian, fungsi dan bagian dari prosesor/CPU :


PENGERTIAN 
Prosesor atau CPU adalah sebuah perangkat keras yang mengontrol, mengatur dan melakukan proses perhitungan matematika dalam sebuah sistem komputer. Dalam hal ini prosesor/CPU bisa disebut juga sebagai otak dari komputer.

FUNGSI
Prosesor berfungsi sebagai alat pemrosesan data yang menerima masukan (input) dari pengguna untuk menghasilkan suatu output (keluaran).

BAGIAN
  1. Aritmatics Logic Unit (ALU) adalah bagian dari Prosesor yang mempunyai fungsi untuk melakukan proses perhitungan dasar yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, bagian ini juga melakukan perintah logika dasar yaitu AND , OR, NOT .
  2. Control Unit (CU) adalah bagian dari prosesor lalu lintas atau jalannya sebuah perintah dalam prosesor (perintah input dan perintah output).
  3. Registers Unit ( RU) bagian ini berfungsi sebagai alat penyimpanan hasil pemrosesan dari bagian Aritmatics Logic Unit dan Control Unit.

Sebelum anda membeli Gadget sebaiknya perhatikan jumlah Core , Cache memory CPU, dan Clock Speed GHz, kedua hal ini sangat mempengaruhi kecepatan CPU.